Glamping Tips ; Bala Club Site, Snowdonia, Wales

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Bismillah.. postingan ini dibuka dengan saya yang jarang-jarang nongol di blog sendiri, akhirnya muncul… tapi mukanya ngeblur! Yaa nasiiib  

Saya dan suami dulu waktu muda suka banget sama yang bau-bau camping.. Setelah kerja, nikah, membesarkan anak.. Jadi penghuni mall. Tapi kalau lagi roadtrip trus ngeliat ada tenda yang keren nangkring di pinggir sungai yang jernih gitu, rasanya semriwing hati ini.. Pengeeen lagi! Rinduuu!!

Ok stop curhat.

15

20
Welsh (bahasa Wales, aneh ya? Orang-orangnya ngomongnya juga aneh 😀 Ups!)

May 2015, kami mencoba glamping alias glamorous camping, di salah satu tempat terindah di Britania Raya, yaitu kawasan Snowdonia National Park, Wales. Kenapa dikatakan glamour? Well ya, glamorous itu sebenarnya relatif kan ya, glamping pun layaknya penginapan yang lain, macem-macem tingkat kenyamanan dan fasilitasnya. Yang jelas, glamping berarti kita bebas dari tugas yang paling bikin memble kalo lagi camping; bongkar pasang tenda 😀 (biasa kabur pura-pura ngapain gitu, kalo udah masuk bagian ini, hihii.. Riweuh :D). Tendanya juga pastinya lebih besar daripada tenda camping biasa, ada beds dan juga dapur (biasanya).

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tapi ya sekali lagi, pilihannya sangat variatif. Seorang teman saya glamping sekeluarga di dalam kawasan farm. Di dalam tendanya ada beds, peralatan masak lengkap tapi kompornya tungku, harus bikin api sendiri, jacuzzi (harus bikin api sendiri juga untuk menghangatkan airnya), no electricity at all kecuali kulkas. Karena tidak tersedia heater, mereka harus bikin api unggun sendiri untuk menghangatkan, dan tidur dengan pakaian dingin lengkap (layaknya camping). Penerangan malam hari menggunakan lilin dan lampu baterai. Untuk charging gadgets, mereka harus nebeng ke kantor pengelola atau kulkas di tendanya yang harus ngalah. Siang hari, aktivitas utamanya (terutama untuk anak-anak) adalah belajar jadi peternak gitu deh. Ikut ngangon domba, sapi, ngambilin telur dan sebagainya. Selebihnya ya paling explore daerah sekitarnya karena lokasi glamping mostly berada di rural area dengan udara yang bersih dan view yang menawan.

21

Pengalaman yang berbeda saat kami menjajal glamping bulan May 2015, di Bala Club Site, Snowdonia National Park, Wales. Hunting via situs khusus love-glamping.co.uk, glamping sitenya berada dalam satu park dengan caravan (more about caravan, here), campervan dan camping ground (camping biasa dengan tenda). Jadi selain menyediakan tenda, area glamping ini juga menyediakan penginapan berupa campervan (yang juga bisa extended dengan tenda untuk tambahan ruang) dan juga petak-petak kosong dengan sumber listrik masing-masing bagi mereka yang memiliki caravan/campervan sendiri. Ownernya memberi istilah “ready camp” dengan beberapa pilihan. Ada 2 unit tenda glamping, beberapa campervan, caravan (ruangannya bisa extended dengan tenda khusus, tapi bawa sendiri), dan petak-petak kosong untuk tenda camping biasa. Di situsnya ada kalimat yang sangat menjanjikan ; “glamping with ready camp; you just need to bring bedding, foods and clothes”.

19
jalanan depan glamping site.. cukup rural kan?

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berada di lokasi yang sangat rural, areanya dikelilingi dengan farm namun tidak bisa diakses oleh pengunjung. Jalanan di depannya sepi banget, hanya ada ladang-ladang hijau dengan petunjuk-petunjuk arah dalam bahasa Wales yang aneh.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

2

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tenda kami berukuran 5×5 m2, terdiri dari teras depan (dan sedikit sisa decking di samping-samping), living/dining room, kitchen yang compact dan 2 bedrooms. Basically tenda ini bisa dihuni hingga 7 orang, tapi di peraturannya orang dewasanya maksimal 4 orang. Living area terdiri dari satu set meja makan besar dengan 6 kursi, 1 settee (sofa kecil) dan 1 rak gantungan baju.

Kitchennya terdiri dari sebuah work table kecil dengan kompor listrik (2 hobs)– harus wanti-wanti anak-anak untuk ga iseng menyentuh hobnya–, fridge dan microwave yang semua serba built in. Selain itu ada kettle untuk masak air dan juga toaster. Jadi jelas, listrik bebas dan lancar. Yang ga ada adalah tempat nyupir alias nyuci piring, karena di dalam tenda ga ada akses ke pipa air bersih maupun kotor. Perlengkapan masak dan makannya lengkap juga. Sayangnya piring, mangkok, gelas dan cangkirnya semua plastik. Agak gimanaa gitu kalo mau nuang yang panas-panas, misalnya bikin teh atau kopi, karena mug-nya plastik. Kalau takut resiko pecah, kenapa ga sediain yang aluminium aja ya, kan lebih ala ala camping, gitu..

Area kamar tidur tendanya 2 lapis, tujuannya ya supaya lebih hangat (tapi tetep aja kami kedinginan banget nget nget), terdiri dari 2 ruang. Ruang I dengan double bed, ruang II dengan 1 bunk bed bisa untuk 3 orang, trus di kolongnya ada extra bed untuk 2 orang. Matrasnya polosan tanpa bedding set. Untung suruntung banget kami bawa bedding set lumayan banyak, quilt yang tebal-tebal plus 2 sleeping bags yang anget. Itupun masih dibantu nyewa 2 heater @£35 per night. Dan itu kami beraktivitas dalam tenda + tidur dengan pakaian lengkap berlapis standart winter! Hahaha.. Beda ya camping di negara tropis dengan negara 4 musim 😄

Untuk keperluan mandi dan cuci disediakan satu bangunan yang terpisah. Bagian cuci piring adalah tugas suami saya dan anak saya yang laki-laki karena entah mengapa, yang boleh masuk ruangan cuci piring hanya laki-laki! Saya kebagian tugas beberes tenda dan mengambil air (untuk minum dan masak) dari kran-kran yang sudah disediakan.

10
dengan playground segini aja anak-anak main susah berhenti  -__-
9
pemandangan yang bisa dinikmati sambil nungguin anak main di playground

Di bagian belakang, terdapat playground ala kadarnya tapi dengan pemandangan yang cantiik (sungai, ladang, domba, pegunungan dan teman-temannya). Namanya bocah, walaupun tiap hari di rumah selalu sempat main ke playgrounds terdekat, anak-anak saya giraang sekali main disini. Hujan angin dingin ga peduli deh..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
tempat tidur yang sudah disulap jadi kasur seperti di rumah… Alasnya lapis 4, selimutnya lapis 2!

Buat kami, glamping semacam ini lumayan ok untuk “pemanasan” anak-anak sebelum nantinya dibawa wild camping beneran. Seru-seru dan “keterbatasan” yang exciting lumayan berasa buat mereka. Saat malam datang dan kami sudah ngeruntel kedinginan di kasur masing-masing, walaupun gadgets tetep on, tapi lumayan loh.. Bisa mendengar sapi-sapi dan domba-domba di kejauhan pada “mooo-ing” dan “baa-ing” bersahut-sahutan, merasakan tenda diterpa hujan angin badai, dan membayangkan para scarecrows menari-nari kegirangan, hihii..

Minusnya : pertama, disini ga boleh bikin api unggun! Huh banget, kan?! Apalah arti camping tanpa api unggun. Alasannya karena tenda-tendanya baru, owner takut angin bertiup terlalu kencang trus nyamber tendanya. -___- Untungnya kami bawa perlengkapan barbeque, lumayan masih bisa bakar-bakar udang, sosis dan marshmallows. Untuk penerangan pun, sudah disediakan lampu-lampu yang memadai baik di luar dan di dalam tenda. Jadi bukan menggunakan lilin-lilin atau lampu petromax. Sepertinya si owner bener-bener parno tendanya kebakaran.

6

Minus kedua, untuk koneksi wi-fi harus pakai voucher. £2 (sekitar IDR 50.000,-) per device per day. Kaliin sendiri deh tuh.. Huhuuu.. Secara camping jaman sekarang kan harus tetep eksis gitu loh 😄

4

Lesson learned : setiap Glamping Site punya style yang variatif sekali, fasilitas dan rules yang juga beda. Kalau mau ga kecewa, sebelumnya survey dulu apa glamping site itu bener-bener (atau paling ga mendekati) seperti yang kita mau dan kita bisa dengan mudah menyesuaikan perlengkapan apa saja yang perlu atau tidak perlu dibawa . Buat saya, we absolutely wanna try glamping again and again, in other beautiful places, di glamping site yang lebih menarik.. Mudah-mudahan, semoga. Aamiin.

7

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s