Stay in A Rustic English Farmhouse with Airbnb

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Ceritanya kami masih penasaran dengan petualangan sebelumnya dimana kami hanya spent too little time di kawasan Jurassic Coast, tanpa bisa mengeksplor banyak. Maka di summer 2014 serelah lebaran, kami berencana mengeksplor habis-habisan ke-jurassic-annya si coast itu.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Jurassic Coast meliputi garis pantai yang sangat panjang dari Dorset (yang paling dekat dengan London), Devon sampai yang paling ujung adalah Cornwall. Ketiga county ini adalah primadona wisata di UK saat summer, karena pantai-pantai di south west of the UK inilah yang mendapat sinar matahari paling banyak.

Karena salah satu tujuan utama kami saat itu adalah fossil hunt di beberapa titik pantai di Dorset, maka kami butuh untuk ngepos 2 malam di sekitar situ. Again, “kami” = family dengan 2 anak kecil, 3 adults, butuh masak sendiri karena kebutuhan makan nasi (!) dan halal food. Yup, penginapan dengan self-cateringlah yang paling pas.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Setelah pencat pencet pencat pencet di apps Airbnb, mengerucutlah pada satu penginapan berbentuk farmhouse di pelosok Dorset. Setelah deal, suami cukup banyak chit chat dengan ownernya, terutama karena lokasinya lumayan harus mblusak-mblusuk jalanan farm. Owner juga pesen, kalau mau grocery delivery dari Tesco (ya, di UK untuk berbelanja sembako dan keperluan rumah tangga pun bisa online) just let them know. Dan jangan lupa pesenin ke pihak Tesco-nya ancer-ancer seperti yang sudah mereka jelaskan.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Setelah melewati sedikit bumpy road (yang kalau di Indonesia, segitu mah belom bisa dibilang bumpy) menembus beberapa farm di kanan kiri, berpemandangan hays, tractors, kandang kuda, soang, sheeps dll, akhirnya kami sampai ke lokasi. Pas mobil parkir langsung disambut anjing farm tua yang ramah banget sebenernya, saking aja kami semua penakut sama anjing (kalo saya takutnya gara-gara pas kecil pernah 2x digigit sampe ngecap–>pembenaran), ga pada berani turun dari mobil dong! Whakakakka… What a shame. Sampe lama banget tu anjing betah banget nungguin di pintu mobil. Akhirnya suami nelepon Patricia (the owner), bilang kalo anjingnya tolong suruh pergi dulu dong, saya pengen turun takut. šŸ˜€Ā Gak lama, Patricia keluar (ya, dia juga tinggal disitu) buat ngusir anjingnya dan kita sibuk minta maaf karena katrok takut anjing.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Jadi, komplek farm yang lumayan luas itu dimiliki dan dikelola oleh pasangan yang bisa dibilang tua, tapi sangat sehat bugar ganteng dan cantik. Bangunan utamanya terdiri dari rumah utama (yang mereka tempati) yang nempel dengan barn conversion yang sudah disulap menjadi sebuah 2 bedrooms self-catering holiday let dan sebuah garasi kecil. Ada juga 1 barn yang masih berfungsi. Parkir mobil berada pas di sebelah horse paddock jadi anak-anak seneng banget, begitu turun langsung menyapa ponyĀ šŸ™‚

Favorit saya sendiri adalah aroma farm yang fressshh banget.. Bau jerami! Hahaaa.. Sementara saya menikmatinya, suami sibuk lari bolak-balik bagasi mobil-dalam rumah unloading barang. Kenapa lari? Karena takut anjingnya tiba-tiba nongol lagi šŸ˜€

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Saat pertama masuk, rasanya abis naik mesin waktu ke jaman Victorian.. Kebayang si Elizabeth Bennet the farm girl (Pride and Prejudice) tinggal disitu bersama keempat adiknya. Pokoknya rustic banget.. Saya suka!

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Unit yang kami tempati sudah berusia ratusan tahun sebagaimana kebanyakan bangunan-bangunan di tanah Britania Raya. Karena merupakan konversi dari sebuah barn, maka layoutnya memang cenderung maksa. Saat membuka pintu, normalnya kita landing di hallway kan.. Nah kalo ini kita landingnya di utility room (tempat cuci, gudang dsb). Ruangannya mengalir ke dapur (berfasilitas komplit dan modern), corridor yang mengarah ke dining dan reception/living room. Di ujung koridor itu pula terdapat hallway dan pintu yang lebih besar (seperti pintu utama) yang mengarah ke cottage garden di belakang.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Kedua kamar ada di lantai atas. Keduanya terdiri dari 2 twin beds Ā gaya shabby chic asli hahahaha.. Kamar depan viewnya ke ladang yang luaaas dan berbukit-bukit. Kamar belakang viewnya ke arah halaman belakang yang disulap owners menjadi sebuah cottage garden yang cantik dan sudah meraih banyak Awards.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Kedua kamar mandi juga ada di lantai atas. Satu dengan bathtub (warna pink!) dan satunya hanya dengan shower. Disini terlihat kalau ownernya telitiii banget karena semua kebutuhan sampai yang printilan semua udah disiapin.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Ruangan yang paling luas adalah reception roomnya yang terbagi menjadi 3 area; living and dining. Living roomnya biasa aja, terkesan agak maksa layoutingnya, furniturenya pun udah uzur dan tidak kinclong lagi. TVnya kecil (yang emang ga penting juga sih) tapi lumayan bisa menghibur anak-anak sebentar paling tidak sampai Cbeebies saying goodnight, hahaha.. Terfavorit adalah dining set-nya, karena pas dihadapkan ke jendela utama dengan view english cottage garden. Jadi kalau sarapan berasa banget suasananya sedang di pelosok Inggris.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Anak-anak suka sekali main di backyard yang super luas dan juga cantik. Bahkan ada ayunan di atas bukit (masih bagian dari garden) yang dari sana kita bisa melihat area rumah dan farm secara keseluruhan, plus ladang berbukit nun jauh disana. Pokonya mah betaah! Sayangnya kami ga punya banyak waktu untuk berlama-lama menikmatiĀ garden karena tujuan utama trip iniĀ memang untukĀ mencariĀ fossil ala ala.

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Karena kami sangat puas dan really had a good time disana, suami sempet-sempetin nulis reviewnya di airbnb. Dan ternyata, ada juga loh review dari owner untuk user (menjadikan kami sebagai calon user “terpercaya” di mata para owner). Kami baru tau setelah Patricia juga memberikan testimoninya di akun Airbnb suami. Intinya dia bilang kami ini tamu yang sangat sopan dan bersih. Semua kami tinggalin dalam keadaan rapi, hihii.. Pokonya ngga kapok deh dan semakin pengen lagi menjelajah ke middle of nowhere with Airbnb. *brb nguli nyari duit

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

dorset jurassic coast fossil hunt with airbnb

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s