Paris Trip with Airbnb

Setelah puas dengan service Airbnb di petualangan yang ini , kami mencoba lagi kali ini untuk stay di Paris selama 5 hari. Sama seperti Amsterdam, apartment di city paling banyak pilihan untuk yang ukuran studio, sedangkan kami nyarinya yang agak family.

pompidou dimana menginapPilihan jatuh ke sebuah apartment di belakang museum modern Pompidou, lumayan deket kemana-mana, terlebih bagi Anda yang udah terbiasa jalan kaki (jauh dekat pp) seperti kami. Dari foto-fotonya di website Airbnb sih unitnya keliatan cozy dan living roomnya bisa untuk tidur juga. Kekurangannya adalah, kami hanya bisa berkomunikasi dengan Valeria (ownernya) via email. Ga bisa telepon, ga bisa tatap muka! Kemungkinan karena kemampuan bahasa Inggrisnya yang terbatas membuat ia menghindar untuk berkomunikasi langsung.

paris airbnb dimana menginap paris airbnb dimana menginapJadi kami ngambil kunci di stasiun, trus naik taxi ke apartment dan sempet nyasar-nyasar pas nyariin unitnya. Manapun nyasarnya berlantai-lantai (6 lantai tepatnya), gotong bayi plus koper plus stroller lewat tangga mengular tanpa lift. Sudah di atas baru sadar kalau beda gedung. Petunjuknya sangat ga jelas. Clue yang diberikan owner adalah sebagai berikut ; “unit is on 6th floor, with a yellow butterfly on its door”. Kaya main detektif ngga sih.. Hahahaa.. Untungnya ada seseorang yang lewat trus nawarin bantuan, untungnya lagi dia bisa bahasa Inggris. Jadilah kami turun lagi keluar gedung pertama trus masuk dan mendaki lagi gedung di seberangnya.

paris airbnb dimana menginap paris airbnb dimana menginap Pelajaran yang dipetik : Pastikan mendapat info sejelas-jelasnya sebelum hari H, karena apartment di Paris banyak yang berupa gedung-gedung tua tanpa penomoran yang jelas.mendaki tangga apartment paris paris airbnb dimana menginapSetelah masuk ke dalam unitnya pun.. Eng ing eng! Langsung kesimpulan aja yah : gak bangett!! Padahal mahal ajah harga sewanya huaa.. Yah beginilah minusnya pakai fasilitas Airbnb, sedikit gambling untung-untungan. Walaupun review dan foto-foto menarik, bukan jaminan bagus juga ternyata.

paris airbnb dimana menginapparis airbnb dimana menginapYang saya maksud minus antara lain sbb :
apartment itu milik anak muda yang masih/sedang dipakai oleh dia sendiri. Jadi barang-barangnya so personal. Baju-baju, tas, handuk (entah bersih/kotor) dll masih ngegantung. Barang-barang printil-printil, koleksi buku dan aksesoris-aksesoris aneh koleksi owner membuat semua ruangan terkesan ga “clean” dan sama sekali ga save buat anak kecil. Saat baru tiba, yang pertama kali saya lakukan adalah memindahkan semua koleksi dan barang-barang aneh termasuk pecah belah ke tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak. Dan itu banyak banget.. *sigh
– satu-satunya tempat tidur adalah sebuah double bed yang (maaf) udah reyot. Rapi sih, tapi saya ga yakin itu spreinya baru diganti apa engga. Trus di kamarnya ada poster-poster yang ga layak diliat anak kecil. Ditambah lagi banyak colokan yang berantakan sangat ga aman untuk bocah.
– di living room ada 2 sofa tua. Yang satu dengan kulit yang sudah ngelupas-ngelupas. Satu lagi ditutupi throw rajutan gitu yang berbau apek hihii.. Oya kedua sofa ini sama reyotnya dengan tempat tidur di kamar. Nahlo bingung kan mau tidur dimana?!

paris airbnb dimana menginap paris airbnb dimana menginapAkhirnya 2 sofa tersebut kami lapisi lagi dengan selimut-selimut perbekalan hingga nampak cukup layak ditiduri. Kasur dari dalam kamar kami gotong juga ke living room, jadi tidurnya rame-rame kruntelan.

11 10Dapur dan dining roomnya lumayan useful walaupun compact. Kulkas juga penuh dengan makanan yang punya rumah πŸ˜€ Sama seperti living room, saya harus “operasi sapu jagad” dulu di area ini karena banyak tumpukan piring, alat masak dan makan yang diletakkan di rak-rak bawah yang terbuka. Dishwasher tidak tersedia, jadi nyuci piring manual aja. Komporpun owner ngaku baru dibenerin khusus buat kami (yang keukeuh minta peralatan masak yang proper) seminggu sebelum kedatangan.

paris airbnb dimana menginap paris airbnb dimana menginapAda 1 family bathroom dan 1 toilet. Family bathroomnya cukup memadai karena ada bathtub dengan shower, kloset dan wastafel. Mesin cuci bajunya tanpa pengering tapi ada electric heater drying rack yang cukup besar, cukuplah untuk ngeringin cucian 1-2 hari. Tapi ya ituu.. Di family bathroomnya banyak handuk dan baju-baju yang punya rumah ngegantung, alat-alat mandi dsb.. Pokonya kesannya dia baru aja berangkat ke kampus sebelum kami datang! Toiletnya lebih ajib lagi.. Ada lilin-lilin (warna merah) disana-sini, toilet tissuenya juga warna merah darah (:D!), bunga-bungaan kering yang ga terawat, plus ornamen-ornamen aneh lainnya.

paris airbnb dimana menginapparis airbnb dimana menginap

Bagaimanapun begitu, setelah explore Paris seharian, balik ke apartment ini lagi (walaupun harus “mendaki” lagi tiap pulang) tetep aja nyaman untuk melepas letih.. Mungkin karena sudah terbayar dengan cantiknya Paris itu sendiri dan wifi gratis nan kenceng buat upload-upload foto πŸ˜€ Untuk wifi, jangan lupa minta passwordnya sama owner, yah!

paris airbnb dimana menginapDi hari terakhir, owner menghubungi kami karena dia merasa belum menerima uang sewa, padahal sudah kami bayar jauh-jauh hari via Airbnb online. Untungnya ga begitu jadi masalah karena memang sudah jadi tanggung jawab pihak Airbnb, jadi dia nuntutnya yah ke Airbnb-nya aja, hihiii..

Intinya sih masih sama, Airbnb merupakan agent yang quite helpful terutama untuk hunting holiday apartment, apps nya enak dipakai dengan filter-filter pencarian yang cukup lengkap, pilihan unit yang ditawarkan pun banyak banget (dibandingkan beberapa kompetitornya). Yang harus dicermati adalah pastikan unit yang cocok dengan kebutuhan Anda, misalnya dari segi lokasi, akses, fasilitas, interior dan kebutuhan ruangnya. Jangan lupa juga cek review penyewa-penyewa sebelumnya. Oya satu lagi yang penting untuk dicek adalah lokasi serah terima kunci. Ada yang langsung di lokasi tapi banyak juga yang harus ketemuan di suatu tempat (ditentukan oleh owner), pastikan lokasi tersebut mudah kita jangkau. Aaah.. jadi pengen ke Paris lagi, tapi bukan di apartment yang ini mwahahahaha.. *brb intip-intip Airbnb* *cuman ngintip* *tabungan menipis*

Foto-foto Paris saat itu silahkan intip disini πŸ˜‰

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s