Review : Plataran Borobudur Resort and Spa, Magelang, Jawa Tengah

Pernah ke Borobudur pas mataharinya lagi ngga galak? Kalau belum pernah berarti pasti datengnya kesiangan terus kaan.. Hayo ngakuu.. 😊 Apalagi kalo nge-base-nya di Yogyakarta, harus lebih pagi berangkatnya atau malah sore sekalian. Karena jam 10 aja udah panaas banget, dan rame! Salah satu ngakalin galaknya matahari di bumi Magelang, yaitu dateng sepagi mungkin, caranya dengan nge-base sedekat mungkin dengan lokasi. Hasil ngubek-ngubek internet ada lumayan banyak penginapan di sekitar Candi, yang terdekat (bisa dibilang nempel) adalah Hotel Manohara dan Hotel Rajasa.

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

May 2012 saat kami berencana kesana, ternyata hotelnya pada penuh, sampai akhirnya pilihan jatuh ke Plataran Borobudur Spa and Resort. Rada mahal memang (IDR 1.500.000,-/room/night; rate waktu itu) ya gapapalah sekali-sekali.. Lokasinya sekitar 2-3km dari Candi, untuk Anda yang suka suasana rural dan mblusak-mblusuk desa, dijamin suka!

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginapsiap-siap ketemu yang kayak gini πŸ˜›

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginapukiran jawa, atap gebyok dan ornamen candi menjadi ciri bangunan.

Site nya sangat berkontur. Dari parkiran ke lobby nanjak, dari lobby ke restoran dan kamar-kamar juga naik turun. Sehatlah pokoknya πŸ˜€ Untungnya koper ada yang bawain, kalo engga lumayan makin sehat hehehe.. Gaya arsitekturnya sangat “njawani” dengan ukiran jawa, atap joglo dan gebyok disana-sini, plus ada beberapa hardscape yang mengambil dari langgam kecandi-candian.

Β Plataran Spa and Resort - dimana menginapset gamelan di lobi hotel, lumayan buat nunggu kamarnya siap πŸ™‚

Plataran Spa and Resort - dimana menginapreception aka lobi

Plataran Spa and Resort - dimana menginapcan you spot Borobudur? ini view dari balkon lobby hotel.

Setelah perjalanan panjang yang panas peliket, begitu nyampe lobby langsung disodorin handuk dingin yang segeeerrr banget macem di pesawat. Plus welcome drink yang juga seger, pas bangetlah rasanya.. Di lobby yang tidak terlalu besar itu terdapat satu set alat musik gamelan (yang boleh dijajal) dan teras/balkon dengan view ke arah Candi Borobudur, dilengkapi teropong bagi siapapun yang ingin mengamati.

Plataran Spa and Resort - dimana menginap‘perjalanan’ menuju kamar πŸ˜€

Plataran Spa and Resort - dimana menginapatas : kamar I, bawah : kamar II

Plataran Spa and Resort - dimana menginapatas : balkon kamar I, bawah : garden terrace kamar II

2 kamar yang kami pesan ternyata merupakan 1 unit bangunan dominasi kayu yang terdiri dari 2 lantai. Layoutnya memanfaatkan topografi tanah yang berkontur lumayan curam. Kamar bagian atas dilengkapi balkon yang luas dan dilengkapi meja makan kecil plus mini pantry dan kulkas. Kamar yang bawah terasnya langsung di halaman tapi ukuran kamarnya luaaaas sekali pake banget.. Rasanya sayang ditempatin cuma bertiga. Bisa buat 3 keluarga tuh kalo gelaran karpet πŸ˜† Masing-masing kamar dilengkapi kamar mandi yang gede bangeeet, lebih gede dari ruang tidur saya di rumah! Bergaya semi terbuka ala resort sehingga kita bisa mandi berteman kodok, belalang dan kupu-kupu hehehe.. Selain bathtub dan shower yang terpisah, toiletriesnya juga istimewa, lebih lengkap gitu seperti di spa.. Ada garam mandinya segala.

Β Plataran Spa and Resort - dimana menginapΒ  Plataran Spa and Resort - dimana menginapkamar yang luasnya kebangetan

Plataran Spa and Resort - dimana menginapsemi-open ensuite yang luasnya juga agak kebangetan

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Oya, karena lokasinya cukup rural, apabila Anda ga berniat pesen makan dari room service hotel (seperti kami, takut mahal hihihii), sebaiknya sebelum sampai ke hotel udah bekal duluan. Waktu itu sih kami bekal nasi bungkus komplit dengan lauk pauk, disantap rame-rame di balkon kamar atas. Quality time banget rasanya makan-ngobrol bersama keluarga berteman suara jangkrik. Ya, hanya kami dan jangkrik.

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginapsuasana pagi hari di Plataran

Jam 8 malam teng akan ada 2 orang petugas hotel yang datang untuk butler service, antara lain bersihin dan rapihin kamar + kamar mandi, mengganti handuk dan keset yang basah serta toiletries yang sudah terpakai, nutupin curtain, dll.. Bagi saya itu pengalaman pertama dilayani malem-malem kayak gitu, jadi lumayan kaget ngahahahaha..Β  Oya karena bangunannyaΒ  didominasi kayu, termasuk lantai kamar yang full papan, saat kami berada di kamar bawah, bisa mendengar langkah kaki penghuni kamar atas dengan jelas. Mirip-mirip kasusnya dengan yang ini. Buat kami ga masalah sih, toh yang di atas ortu sendiri. Tapi kalau Anda tipe orang yang gampang terganggu dengan hal seperti ini, mungkin sebelumnya bisa pesan minta kamar yang di posisinya di atas atau ga bertingkat.

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginapwhat a sanctuary!

Area breakfastnya bagus banget, posisinya lebih di atas, jadi viewnya makin dapet deh ke arah Borobudur. Di sekitar area makan ada kolam renang, sebuah gedung a la zaman kolonial Belanda (fungsinya semacam ballroom yang disewakan untuk acara tertentu), dan teras berteropong untuk melihat ke arah candi.

Plataran Spa and Resort - dimana menginapkolam renang dan ballroom

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

Plataran Spa and Resort - dimana menginaparsitektur kolonial yang mengingatkan dengan Gedung Arsip Nasional πŸ™‚

Plataran Spa and Resort - dimana menginapbreakfast area

Plataran Spa and Resort - dimana menginapshould spend more time here, though..

Breakfast disajikan tidak dalam bentuk buffet, melainkan a la carte dengan pilihan tertentu. Waktu itu kami agak kecewa karena selain penyajiannya yang luamaa, satu pesanan juga ga keluar. Crewnya keliatan kuwalahan dan kurang koordinasi melayani tamu yang sebenernya tidak terlalu banyak. Tapi anak saya tetap bahagia nungguin sarapan tersedia sambil bolak-balik ngintip candi berhias lansekap yang cantik lewat teropong. Sungguh indah memang!

Plataran Spa and Resort - dimana menginapcan you spot it? view dari area makanBorobudur di kejauhan… just will blow your heart away!

Plataran Spa and Resort - dimana menginap

4 thoughts on “Review : Plataran Borobudur Resort and Spa, Magelang, Jawa Tengah

Leave a comment