Novotel Coralia Kuta, Lombok, Indonesia

Karena lokasinya yang bisa dibilang ‘di belakang rumah (ortu)’, saya dan keluarga lumayan suka mampir ke resort ini, cuma buat nganterin sodara atau teman. Sampai pada akhirnya kesampaian juga ngejajal menginap disini, walaupun cuma semalam, yaitu waktu honeymoon! Ahaa..

kuta lombok - dimanamenginapMemang udah lama banget sih kejadiannya.. (Kejadian?), tapi mudah-mudahan infonya masih akurat, kecuali soal rate. Rate terkini bisa dicek di sini atau sini.

Lokasi resort berbintang 4 ini adalah di seputaran Pantai Kuta Lombok yang airnya biru ceraaah sekali, terutama di musim kemarau. Saking cerahnya sampai kadang-kadang kita susah melek kalau ga pakai kacamata hitam (serius!). Yang unik lagi, pasir pantainya berupa butir-butir halus seperti merica, yang bikin kita kalau jalan telanjang kaki agak geli-geli gimanaa gitu. Singkat kata spot ini bagus banget deh, salah satu must visit place kalau lagi ke Pulau Lombok.

kuta lombok - dimanamenginap

kuta lombok - dimanamenginapbutiran pasirnya yang seperti merica

Hingga kini baru Novotel saja chained hotel yang sudah berani invest disini, selebihnya hanya ada penginapan-penginapan kecil yang lebih cocok untuk backpackers dibanding family visitor.  Tidak banyak penginapan lain yang kompeten mungkin karena aksesnya yang agak jauh dari kota Mataram ataupun airport yang lama (Selaparang). Tapi setelah airport dipindah sangat dekat dengan Pantai Kuta, sepertinya gak lama lagi area ini bakalan ramai dan sibuk.

novoyel kuta lombok - dimanamenginap

novotel kuta lombok - dimanamenginap

nuansa terakota

Salah satu ciri khas Novotel Coralia Lombok adalah desainnya yang sangat tropis dengan dominasi terracotta. Langgamnya seragam dengan resort Novotel lain di Indonesia misalnya Novotel Surabaya dan Bogor, beda jauh sama Novotel yang ini yang murni business hotel.

novotel kuta lombok - dimanamenginap
April 2007 saya dan suami mengambil promo honeymoon package semalam saja dengan harga yang fantastis! IDR 300.000,- saja, teman .. Meriah bukan? Sedangkan harga normal kamar yang kami tempati saat itu IDR 600.000,- (superior). Kamarnya berada di area depan dan viewnya bukan ke arah pantai melainkan ke padang rumput yang banyak sapi-sapinya lagi makan, hehe.. Selain kamar, ada beberapa unit villa juga yang pas banget buat rame-rame. Letaknya lebih dekat ke arah pantai.

novotel kuta lombok - dimanamenginap

novotel kuta lombok - dimanamenginap

unit-unit villa

Keistimewaan honeymoon package superhemat yang kami ambil, antara lain saat kadatangan, selain mendapat welcome drink, dikasih souvenir juga yang berupa tepak bentuk heart, kerajinan tangan lokal yang cukup kreatif. Mungkin maksudnya untuk nyimpen cincin kawin kali ya.. Trus pas udah malem dianterin free wine (yang kami minta replace dengan juice karena kami ga minum alkohol) ke kamar. Free breakfast included dan yang paling mantep dapet free back massage di spa nya. Sayangnya cuma 10 menit hahaha.. Karena udah nanggung akhirnya kami ambil juga paket 45 minutes massagenya yang emang enak.. Suami ampe ketiduran. Ruangan couple spa nya yang  full kaca menghadap pantai pas banget untuk relax dan unwind sambil menikmati indah ciptaanNya. Huhuu.. Pengen lagi deh!

novotel kuta lombok - dimanamenginap

novotel kuta lombok - dimanamenginap

restoran di tepi pantai

Sebagaimana seharusnya hotel bintang *** ke atas di Indonesia, breakfastnya pasti mantep alias banyak banget pilihan. Mulai sarapan a la nusantara, oriental, american maupun keminggris. Restonya berlokasi pas berhadapan dengan pantai, bikin makin betaah makan terus sampai waktu habis! Wahahahaaa ga mau rugi..

Sebenernya banyak banget loh aktivitas yang bisa dilakukan tanpa keluar hotel sekalipun. Selain main di pantai, ada main swimming pool juga yang menghadap pantai, dan juga beberapa swimming pool kecil di antara garden. Waktu itu (2007) pengelola hotel punya daily program yang cukup menarik untuk tamunya. Lupa sih detilnya tapi kira-kira seperti ini gambarannya; tiap hari senin dan kamis (harinya cuma permisalan, lupaa 😝) ada breakfast on the hill, dimana tamu bisa menikmati sarapan di spot tertentu di atas salah satu bukit di sekitar lokasi (kebayang kan cantiknya view ke pantai dari atas bukit), dengan syarat berkumpul di waktu yang telah ditentukan untuk kemudian dianterin pake shuttle car. Trus di hari lain mereka ada snorkling, dsb dsb. So many things to do in just one place. Asal jangan lupa pakai sunblock ya, karena aktivitasnya kebanyakan sunbathing. Berhubung waktu itu kami kesana dalam rangka honeymoon, jadinya agak males gerak deh, dan gak sempat nyobain apa-apa.

novotel kuta lombok - dimanamenginap

pedagang songket di garis pantai

Keluar hotel dikit juga banyak spot menarik, jangan lewatkan Tanjung Aan yang tersohor dan cantik banget, kira-kira 5 menit dari Novotel. Lalu ada Desa Wisata Sade dengan layout yang vernakular plus rumah-rumahnya yang masih tradisional, bisa belanja souvenir dan kerajinan asli Lombok juga disitu. Jauhan dikit ada desa pengerajin tenun Sukarara dan tembikar Banyumulek. Tipsnya untuk enak keliling-keliling sebaiknya sudah sewa mobil sendiri, karena public transportnya belum memadai.

So, what are you waiting for?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s