B+B Weymouth, a Bed and Breakfast in Dorset, United Kingdom

Image

Oktober 2013, di suatu weekend yang cerah menjelang musim gugur, ceritanya kami vacation ke daerah pantai. Untuk urusan pantai di Inggris, daerah south west juaranya. Cornwall, Devon, Dorset sampai Sommerset adalah area yang terkenal akan garis pantainya yang panjang dengan pemandangan yang ciamik, dan paling banyak mendapatkan cahaya matahari, tidak sedingin pantai-pantai di utara Inggris.

Daerah yang kami pilih bernama Weymouth, salah satu tujuan wisata yang merupakan bagian dari jurassic coastline. Untuk mencapai Weymouth, kira-kira 3 jam perjalanan naik train dari Wimbledon. Tempat menginap kali ini adalah pilihan suami, namanya cukup simpel yaitu B+B Weymouth. Di UK, tempat penginapan sekelas B&B (Bed and Breakfast) sangat menjamur dan banyak diminati, kebanyakan dimiliki dan dikelola secara personal atau keluarga.

ImageImage

Image

Image

Dari segi lokasi, B+B Weymouth ini memang juara. Walking distance ke pantai, city center, amusement park, train station, pleasure center dan juga kawasan old harbour. Bahkan di bawah bangunannya ada sebuah convinience store yang cukup lengkap dan buka sampai malam (tidak seperti di asia, di UK jarang ada toko yang mau buka sampai malam hari). First impression dari depan, biasa aja. Buat mereka yang bawa mobil, saya kurang paham juga harus parkir dimana. Bangunannya adalah  terraced house (semacam townhouse yang berdempet-dempet panjang), ga ada garden space, dan terletak di persimpangan.

 Image

 Interiornya split level dengan banyak tangga. Mungkin agak susah bagi mereka yang berkursi roda. Total ada 6 lantai dan ga ada lift. Receptionnya yang berada di depan lobby (yang hanya berupa hallway), adalah ruangan kecil untuk berupa kantor dan administrasi. Rombongan kami saat itu adalah 4 orang dewasa (kami ngajakin mertua yang kebetulan sedang nengok cucu ke UK), 1 anak dan 1 bayi.

Dari beberapa tipe kamar yang ada, yang kami book adalah yang terbesar yaitu tipe apartment. Letaknya di ground floor, ga murni ground floor juga sih, karena ada beberapa anak tangga yang harus dilewati. Tapi secara umum unit apartmentnya menyenangkan, spacious, terdiri dari 2 kamar double bed (salah satunya dilengkapi TV dan ensuite), 1 single bedroom, sebuah dapur dengan alat masak yang lengkap bahkan dishwasher (!), dining room dan living room  yang memadai. Minusnya hanya ngga ada view ke arah pantai, tapi view ke jalanan kota gak jelek juga, sih.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Breakfastnya juga memuaskan,  English Breakfast dengan banyak variasinya. Buat tole (5 tahun), selama ada sereal dan omelet, amanlah. Si genduk bayi pun lahap di atas high chair dengan toast nya. Oya selain restorannya yang viewnya langsung pantai, tepat di lantai atasnya juga ada lounge dengan view yang sama. Lumayanlah untuk sekedar duduk-duduk baca koran atau majalah, sambil nyeruput teh/kopi bikinan sendiri.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Yang ga boleh kelewatan adalah menikmati sunrise. Bayangin aja udara bersih tepi pantai, dingin, sepi (karena orang lain masih pada tidur), menyaksikan matahari muncul mengawali hari.. Sempurna! Selain itu kita bisa menyusuri old harbour yang sebenernya sih perkampungan nelayan, agak-agak bau ikan tapi cantiiikk… ngga rugi deh pernah kesini.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s